pengalaman pertama mengajar anak tingkat 1

Teaching is the profession that teaches all the other professions.  ~Author Unknown

Hari ini adalah hari spesial, hari yang tampaknya akan saya ingat di sepanjang hidup saya. Hari ini untuk pertama kalinya saya mengajar Fisika Dasar Universitas untuk mahasiswa tahun pertama jenjang sarjana.

Adalah K-23, kelas yang dihuni para mahasiswa dari Fakultas Teknik Industri ITB yang saya ajar hari ini. Meski hanya pembahasan soal quiz yang saya berikan minggu lalu, tapi tetap saja saya memberikan pengajaran kepada mereka.

Sesi mengajar kepada kelas yang berjumlah 78 mahasiswa ini berlangsung lancar. Total tiga soal yang saya bahas selama 1 jam. Walaupun lancar, para mahasiswa itu tampaknya tidak tahu betapa tegangnya saya barusan.

Selama hari Sabtu dan Minggu lalu, saya memikirkan sesi mengajar hari ini. Tadinya saya ingin mengajar review kinematika dan mekanika Newton, namun karena tidak sempat, saya akhirnya membahas soal quiz.

Selalu ada pertama kali untuk sesuatu

mungkin adalah ungkapan yang tepat untuk hari ini. Saya memang merasa tegang, bahkan sebelum membahas soal, saya membaca dahulu dan mencoba mengerjakan sendiri soal-soal quiz (yang sebetulnya saya susun sendiri). Saya juga melihat beberapa lembar jawaban para mahasiswa tersebut dan mencoba mencari beberapa kesalahan yang bisa saya bahas di kelas.

Saya berusaha untuk se-rileks mungkin. Di awal kelas, saya memanggil satu per satu mahasiswa untuk di absen (karena takut ada yang nitip), lalu memperkenalkan diri dengan sedikit humor. Saya melihat dominan mahasiswa tertawa dan lumayan terhibur dengan lawakan sederhana saya.

Saat pembahasan, saya senang beberapa mahasiswa bertanya mengenai yang saya sampaikan. Tidak semua memang memperhatikan apa yang saya sampaikan (beberapa tidak antusias bahkan ada yang tidur), tapi para mahasiswa yang mencatat dan memperhatikan setiap detail pengerjaan membuat saya senang.

Besok hari, saya akan mengajar mereka lagi, kali ini saya akan me-review bahan yang sudah diajarkan dosen. Saya harap saya dapat memberikan pengajaran yang baik kepada mereka. Kelas pertama yang saya ajar.

- be blessed -

 

Leave a Reply

