kelas pertama di mata kuliah Elektrodinamika yang mengesankan

Rasa antusias saya di kelas pertama program Doktor mengingatkan saya ketika hari pertama kuliah ketika S1. Ketika itu saya merasa penasaran terhadap materi kuliah, karakter dosen dan buku rujukan. Hal yang sama terjadi di kelas Elektrodinamika yang saya hadiri untuk pertama kalinya kemarin.

Mata kuliah yang memiliki banyak mitos ini (salah satunya adalah BELUM PERNAH ada yang memperoleh nilai A di mata kuliah ini) sangat membuat saya penasaran, salah satunya terhadap dosen yang belum pernah mengajar saya yaitu Pak Wahyu Srigutomo.

Beliau pun terlambat 20 menit, karena mencetak dokumen yang maksudnya akan dibagikan kepada peserta kuliah.

Kesan pertama yang saya peroleh dari beliau adalah lucu, inspiratif dan menyenangkan. Beliau memberikan gambaran mengenai perkuliahan dan buku rujukan dengan jelas.

Saya sangat tertarik dengan gaya mengajar beliau, salah satu ungkapan yang saya ingat betul adalah:

Rumus Fisika itu jangan dihafal, tapi harus dimengerti secara fisis, dimengerti bagaimana setiap besaran berprilaku di ruang dan waktu.

Suatu pemaknaan yang dalam. Beliau memberikan contoh bahwa Fisika mewajibkan kita untuk mengerti perilaku besaran dalam divergensinya, rotasinya, gradiennya dan perubahannya terhadap waktu. Beliau menjelaskan kunci pemahaman mendalam suatu konsep Fisika terletak pada keempat kelakuan tersebut di ruang dan waktu.

Benar-benar suatu pemahaman yang mendalam. Saya merasa antusias mengikuti perkuliahan tersebut. Beliau pun adalah tipe dosen yang “Learning by Doing”. Beliau memberikan banyak pekerjaan rumah setiap minggunya untuk dikumpulkan dan dijadikan salah satu komponen nilai akhir.

Saya suka dosen seperti ini, menginspirasi mahasiswa dan “memaksa” mahasiswa mengerti dengan banyak pekerjaan rumah.

Kelas pertama yang menarik.

– be blessed –

One thought on “kelas pertama di mata kuliah Elektrodinamika yang mengesankan

  1. Pingback: dosen yang pandai mengajar itu… langka « My Ph.D Life

Leave a Reply

