plus minus kuliah pagi

Lose an hour in the morning, and you will be all day hunting for it.  – Richard Whately

Pagi ini untuk pertama kalinya saya kuliah jam 7 pagi (minggu lalu bolos karena belum tahu jadwal :P). Mata kuliah pagi ini adalah Mekanika Analitik, yang minggu lalu diisi oleh asisten yang adalah teman saya.

Hari minggunya saya tidur larut, sekitar jam 12 malam lewat. Alhasil, saya mengalami sulit bangun tidur. Alarm, saya set jam 4.30 pagi, namun saya baru bisa bangun dengan lancar jam 5.15 pagi. Sungguh berat untuk bangun pagi, mengingat baru kali ini lagi saya harus berkuliah di pagi hari (biasanya kuliah di siang hari, minimal jam 9 pagi).

Saya lalu berangkat pukul 5.50 dan sampai di kampus pukul 6.50. Dan ternyata, ruang kelas pun masih kosong. Hanya terlihat 4-5 mahasiswa yang berada di luar kelas.

Ruang kelas yang masih kosong, pukul 6.50 pagi

Sekitar pukul 7.05, dosen yang mengajar pun tiba dan ternyata ruangan kelas nya pun dipindah.

Pukul 7.10 pagi, kelas pun dimulai. Materi yang diajarkan adalah tentang ruang vektor, hukum newton, prinsip gaya, usaha dan energi yang masih merupakan review kuliah S1.

Nah, enaknya kuliah di pagi hari adalah keadaan pikiran dan fisik yang masih segar. Saya pun nyaman mengikuti perkuliahan. Dan puji Tuhan, dosen yang mengajar pun sangat baik dalam mengajar. Beliau menjelaskan dengan sangat jelas dan terstruktur. Tidak rugi saya bangun pagi-pagi dan mengikuti kuliah.

Suasana perkuliahan pagi tadi

So, kuliah pagi itu menurut saya ada plus dan minus. Minusnya adalah saya harus mengantuk-ngantuk bangun pagi tapi plus nya adalah bisa mengikuti perkuliahan dengan baik karena keadaan pikiran dan fisik yang masih segar.

– be blessed –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s