telat kuliah 15 menit karena perkara administrasi :(

I’ve lost 15 minutes of lecture because of administration thing which is not my fault.

Hari ini saya sedikit kesal dengan proses administrasi yang harus saya lalui ketika hendak mengambil KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Proses administrasi yang lambat, ribet dan lemah ini membuat saya telat kuliah Elektrodinamika selama 15 menit. Begini ceritanya:

Siang tadi sebelum kuliah, saya berencana mengambil KTM di gedung administrasi. Saya alokasikan waktu 10 menit sebelum kuliah dimulai. Karena memang seharusnya tidak ribet, karena hanya menyerahkan bukti KSM (Kartu Studi Mahasiswa) dan bukti pembayaran biaya administrasi.

Lucunya, ketika menyerahkan bukti, petugas berkata bahwa saya kurang persyaratan di penangguhan biaya kuliah. Padahal semua syarat penangguhan sudah saya berikan sebelum daftar ulang. Logikanya adalah begini: kalau saya bermasalah di penagguhan, lalu bagaimana ceritanya saya bisa melalui proses daftar ulang dengan lancar? hingga memperoleh KSM? Sungguh aneh buat saya.

Petugas pun meminta saya untuk mengurusnya di lantai 4, di tata usaha Sekolah Pasca Sarjana.

Sesampainya di sana, saya harus menunggu lulusan yang juga menyampaikan keluhannya. Ketika itu, saya melihat petugas adminstrasi bekerja amat sangat lambat. Berjalan saja dengan lemah gemulai. Saya pun menunggu urusan itu selesai.

Tiba saatnya saya menyampaikan masalah saya. Lalu petugas pun mencari berkas penangguhan saya. Lucunya, mereka mengasumsikan saya anak S2, dan mereka pun mencari di folder yang salah. Sudah salah, lambat lagi, waktu sudah menunjukan jam 11 siang (kuliah saya dimulai di saat yang sama).

Saya lalu memberikan KSM saya, dan akhirnya mereka sadar bahwa mereka mencari di folder yang salah. Lalu mereka pun mencari berkas saya, lagi-lagi dengan lambat, jangankan semangat untuk membantu mahasiswa, untuk beraktivitas saja petugas itu sangat lambat.

Akhirnya mereka mendapatkan berkas saya. Nah, GONG nya adalah, ternyata berkas saya kurang lampiran berkas pengajuan beasiswa saya. Padahal saya sudah melampirkannya bersamaan dengan berkas wajibnya. Sungguh membuat kesal.

Ya sudah, apa mau dikata, saya pun berkata bahwa saya akan ambil berkas yang sama di Fakultas. Lalu saya ingat bahwa setelah kuliah, Tata Usaha Fakultas pun sedang jam istirahat dan saya tahu, jam istirahat selesai itu jam 13.00, tapi para petugas biasanya baru stand-by pukul 13.30.

Saya lalu meninggalkan gedung administrasi dengan sedikit kesal. Seharusnya mereka memiliki berkas saya, dan logikanya juga semestinya mereka punya karna toh saya bisa melewati proses daftar ulang (sudah punya KSM lagi).

Dan hasilnya, saya tiba di ruang kuliah pukul 11.20 dimana saya melihat dosen yang sudah menjelaskan dengan papan tulis yang lumayan penuh­čśŽ

Rugi betul hari ini, hanya karena perkara administrasi yang lambat, ribet dan lemah.

Saya teringat dengan pelayanan publik (termasuk universitas) di Kanazawa, Jepang ketika sedang menempuh pendidikan master. Petugas administrasinya begitu cekatan, cepat dan sopan. Untuk berkata “mohon tunggu sebentar” saja mereka sampai setengah membungkuk. Saya tidak pernah menemui perkara administrasi seribet di sini ketika di Jepang.

Terkadang persoalan seperti ini yang membuat mahasiswa menjadi malas untuk mengurus administrasi bahkan ada yang trauma karena di “ping-pong” (dilempar dari urusan kantor yang satu ke kantor yang lain) karena urusan administrasi yang ribet dan lambat.

Perkara administrasi itu penting, dan harus dibarengi dengan pelayanan yang baik, sopan dan cepat dan semestinya tidak menjadi halangan atau bahkan menjadi trauma bagi mahasiswa.

3 thoughts on “telat kuliah 15 menit karena perkara administrasi :(

Leave a Reply

