kontribusi kecil bagi pendidikan: video belajar

Teacher use this technology to humanize the classroom – Salman Khan

Sekitar 4 atau 5 bulan yang lalu, saya menyaksikan TED talks (one of my favorite websites) yang sangat menarik dan inspiratif. Sesuatu yang inspiratif itu bukan hanya menggugah hati dan pikiran, tapi juga memprovokasi tindakan nyata.

TED Talks yang saya saksikan adalah yang dibawakan oleh Salman Khan yang berjudul “Let’s use video to reinvent education”.Berikut presentasi yang dibawakan oleh Salman Khan:

Saya pun terinspirasi, sesuatu yang luar biasa yang dia lakukan. Tanpa memungut biaya sepeser pun dari yang menonton video pelajaran yang dia buat, dia telah menemukan kembali pendidikan lewat video.

Saya pun terinspirasi dengan pekerjaan Salman Khan. Saya lalu membuat video pelajaran dengan Bahasa Indonesia, sehingga anak-anak SMP dan SMA mampu belajar dari video yang saya buat.

Dengan teknik yang mirip, menggunakan pen tablet dan laptop Apple Mac Book Pro, saya pun mulai membuat video pelajaran. Bedanya, selain menggunakan Bahasa Indonesia, saya menyesuaikan urutan dan pokok bahasan sesuai dengan kurikulum SMP dan SMA. Perbedaan yang lain saya menggunakan Vimeo ketimbang YouTube, karena Vimeo lebih bersifat pribadi dan lebih elegan.

Sasaran saya adalah siswa dan siswi BPK Penabur Cimahi dan SMAN 2 Cimahi, tempat di mana saya juga mengajar dan membantu para guru dalam proses pembuatan materi ajar. Tapi pada prinsipnya, siapa pun boleh menyaksikan dan men-download setiap video yang saya buat.

Manfaat dari cara belajar semacam ini antara lain:

  • Siswa dapat belajar di rumah dengan streaming atau men-download video belajar tersebut.
  • Siswa dapat belajar kapan pun karena mereka sudah memiliki sumbernya.
  • Siswa dapat belajar dengan kecepatan mereka sendiri. Karena berbentuk video, mereka dapat mengulang video itu kapan pun dan dimana pun tanpa harus merepotkan saya sebagai guru.
  • Video yang dibuat maksimal berdurasi 20 menit (kebanyakan kurang dari 10 menit), sehingga siswa dapat belajar terstruktur dan menguasai satu bahasan yang dibahas tidak terlalu lama. Berbeda dengan belajar melalui buku, siswa biasanya sudah keburu panik melihat tebalnya suatu bab tertentu.

Nah, di Page yang terpisah dari blog utama ini, saya akan meng-update setiap video yang saya buat. Saya memang biasa memberikan update lewat Facebook tapi kelebihan page ini adalah kita dapat melihat struktur dan urutan yang jelas dari pokok bahasan kurikulum SMP dan SMA.

Sejauh ini, saya baru membuat video-video belajar Fisika untuk kelas VII, IX dan X. So, semoga apa yang saya buat ini bisa menjadi berkat untuk para siswa.

– be blessed –

Leave a Reply

