my first holiday as a Ph.D

Hari ini adalah hari pertama libur dalam rangka hari raya Idul Fitri. Saya sangat mensyukuri hari ini, dimana saya bisa beristirahat secara fisik dan mental. Hari ini saya hanya beres-beres kamar, tidur dan internetan.

Libur hari raya selama 2 minggu ini memang adalah hari libur yang rutin pada kalender akademik ITB. Tapi tahun ini serasa berbeda, karena ini adalah hari libur pertama saya sebagai mahasiswa Ph.D. Kira-kira 3 minggu saya menjalani hidup sebagai mahasiswa Ph.D, kalau dipikir-pikir saya belum sepenuhnya berada pada performa terbaik saya pada masa-masa ini.

Baru 3 hari kemarin saya “memaksa” diri saya untuk bekerja lebih keras. Selama 3 hari kemarin saya berada di kampus sejak pukul 7 pagi hingga sore hari, sekitar pukul 4 atau 5 sore. Setelah itu saya masih harus mengajar privat di dekat kampus saya (untuk uang saku :p).

Walaupun begitu lelah, tapi saya merasa memang seperti itu yang harus saya lakukan. Harus lebih rajin datang di kampus, lebih sering masuk kuliah dan harus stand-by apabila terdapat tugas dadakan dari dosen.

Saya pun mulai nyaman berada di kampus, lingkungan yang sangat akademik, sangat menunjang untuk belajar dan riset. Di posting terdahulu juga saya menulis tentang keindahan ITB di pagi hari. Dan rasanya karna hal ini saya jadi menyukai datang pagi-pagi ke kampus.

Memang sangat disayangkan momentum 3 hari kemarin harus berhenti dengan libur di hari ini. Tapi rasanya mometum kemarin cukup untuk memberikan lecutan semangat. Dan hari libur ini cukup untuk mengistirahatkan fisik dan mental saya agar kembali siap tempur nanti.

Liburan bukan hanya sekedar liburan, ada banyak tugas menanti. 2 PR Elektrodinamika, 3 PR Mekanika Kuantum, buat Quiz Fisika Dasar dan menyiapkan materi tutorial menjadi tugas saya selama liburan. Belum ada 2 pelayanan yang harus saya kerjakan di Gereja.

Yap, that’s my vacation and I will enjoy every moment of it.

– be blessed –

Leave a Reply

