4 alasan mengapa sistem kebut semalam (SKS) tidak efektif

Tulisan lain mengenai pendidikan yang saya pindahkan dari blog saya yang lain.

Sistem kebut semalam (disingkat SKS) merupakan sistem belajar yang populer bagi anak sekolahan atau anak kuliahan. Sistem ini berarti kita belajar untuk ujian atau mengerjakan tugas (atau keduanya) untuk keesokan harinya. Kopi/multivitamin merupakan “teman” yang wajib untuk menemani berjuang semalam suntuk.

Bagi kita yang sering belajar dengan sistem SKS sebetulnya kita sadar bahwa sistem ini tidak memberikan hasil yang baik pada ujian atau tugas kita. Namun, karena kita terlampau biasa dengan sistem belajar seperti ini, kita selalu melakukannya lagi, lagi dan lagi.

Selama belajar sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi saya juga pernah (bahkan sering) belajar dengan metode ini. Namun, kebanyakan hasil yang saya peroleh tidak maksimal. Dan selama perjalanan akademik yang telah saya jalani saya berkesimpulan pada 4 hal yang menjadikan sistem ini tidak efektif (setidaknya bagi saya).

4 hal itu adalah

I am not a genius. Saya bukan seorang jenius yang bisa membaca satu kali bahan pelajaran lalu langsung mengerti. Saya perlu waktu cukup lama untuk bisa mengerti suatu pelajaran. Oleh karena itu, sistem ini tidak pernah memberikan hasil maksimal bagi saya, karena saya kekurangan waktu untuk memahami betul bahan pelajaran.

I am not a genius who can read once and understand

buku Brain Rules yang saya beli di Jepang (high recommended book)

 

Otak perlu istirahat. Otak kita perlu istirahat. Kita perlu tidur yang cukup menjelang ujian dan sistem SKS tentu akan mengurangi jam tidur kita. John Medina seorangmolecular biologist penulis buku brain rules dalam bab “sleep well, think well” berkata

sel-sel saraf otak kita menunjukan aktifitas yang kuat ketika kita tidur – mungkin memutar ulang apa yang telah kita pelajari di hari itu.

kurang tidur dapat menyebabkan perhatian menurun, turunnya fungsi-fungsi eksekutif, mengurangi memori, mood, kemampuan kuantitatif, menurukan kualitas logika bahkan kualitas motorik.

So, sistem kebut semalam menurunkan kualitas berpikir kita yang sebetulnya akan efektif jika kita menjalani tidur yang cukup.

Belajar perlu ketenangan. Ketenangan pikiran dan emosi sangat diperlukan saat belajar. Sistem kebut semalam menurut saya tidak memberikan ketenangan pikiran maupun emosi. Kita terlalu terburu-buru dalam mempelajari bahan pelajaran, kita berpacu dengan matahari terbit sehingga daya konsentrasi menurun. Pengalaman saya adalah ketika saya terburu-buru belajar sesuatu, saya bisa cepat lupa pada konsep/informasi pada pelajaran tersebut. Berbeda ketika saya belajar dengan tidak diburu-buru oleh waktu, saya punya banyak kesempatan untuk memikirkan konsep/informasi yang ada dalam pelajaran itu.

read slowly, learn slowly and we will understand more (since I am not a genius)

Belajar harus dibarengi dengan berlatih. Karena saya bukan orang jenius, saya tidak hanya perlu belajar mengenai bahan pelajaran, saya juga perlu jam terbang yang cukup untuk berlatih dalam bentuk soal-soal. Ketika kita belajar dengan sistem kebut semalam, kita hanya punya sedikit waktu untuk berlatih karena waktu belajar kita yang mepet itu kita gunakan untuk belajar bukan berlatih.

I study one thing and then I need 10 related problems to fully understand

Image from sxc.hu uploaded by sanja gjenero

So, saya sangat menganjurkan untuk tidak lagi belajar dengan sistem kebut semalam karena 4 alasan di atas. Jujur bahwa saya masih belajar untuk meninggalkan kebiasan ini dan puji Tuhan ketika saya mencoba untuk mengubah kebiasaan dengan mengatur waktu belajar, akhir-akhir ini saya tidak belajar dengan sistem ini.

Kuncinya adalah mengatur waktu dengan baik sehingga kita bisa belajar dengan efektif.

time is money, but we cannot buy time using our money

– be blessed –

2 thoughts on “4 alasan mengapa sistem kebut semalam (SKS) tidak efektif

Leave a Reply

