5 tips belajar bahasa inggris

” Always do what you are afraid to do.” – Ralph Waldo

Kemampuan berbahasa Inggris tampaknya sudah menjadi kemampuan yang “wajib” kita miliki. Era globalisasi dan informasi menjadi penyebab utama akan hal ini. Beberapa sekolah tingkat taman kanak-kanak bahkan sudah mulai mengajarkan Bahasa Inggris sederhana bagi anak didiknya.

So, di posting kali ini saya ingin berbagi mengenai 5 tips yang membantu saya dalam belajar Bahasa Inggris. Sejak SMP hingga SMU kelas 2 memang saya sudah mengikuti les Bahasa Inggris, namun saya tetap yakin bahwa bisa/tidaknya berbahasa Inggris bukan ditentukan dari les yang kita ikuti, tapi dari kemauan kita untuk terus belajar.

Hingga saat ini, saya terus belajar berbahasa Inggris dengan menjalankan 5 tips tersebut. 5 tips tersebut adalah

  1. Membaca buku teks Bahasa Inggris, dominan buku-buku kuliah saya semenjak tingkat sarjana adalah buku teks berbahasa Inggris. Kita dapat belajar banyak kosakata (vocabulary) ketika kita membaca buku teks Bahasa Inggris. Novel berbahasa Inggris merupakan contoh bacaan yang bisa kita baca (sambil menikmati cerita tentunya).
  2. Menggunakan kamus “Inggris-Inggris”, sebisa mungkin jangan gunakan kamus Indonesia-Inggris / Inggris-Indonesia (or Google Translate) karena kamus seperti itu memberikan sinonim pada kata yang bersangkutan. Gunakan kamus “Inggris-Inggris”, kamus ini seperti halnya kamus Bahasa Indonesia, memberikan arti dari kata tunggal dalam bahasa yang sama. Saya menggunakan Oxford Pocket Dictionary sejak masa kuliah S1, kamusnya kurang lebih seperti gambar di samping.Jika kita sering menggunakan komputer, kamus seperti ini tersedia juga dalam versi elektronik, dimana kita bisa download gratisan (silakan klik gambar untuk menuju kewebsite free download).

  3. Tes mandiri dengan TOEFL/TOEIC testdulu ketika hendak ujian TOEFL sebagai syarat masuk S2 di ITB, saya membeli buku tes TOEFL yang lumayan tebal (dan mahal) lalu melakukan tes mandiri. Saya selalu mencatat skor yang saya dapat dari setiap latihan dan berusaha untuk meningkatkan skor dari hari ke hari. So, belajarlah untuk berlatih secara mandiri dan disiplin.
  4. Berani berkomunikasi lisan dalam Bahasa Inggris, skor tes Bahasa Inggris yang tinggi bukan jaminan kita bisa berkomunikasi secara lisan. Saya buktikan itu selama berkomunikasi Bahasa Inggris di Jepang. Saya punya skor yang lumayan besar dalam tes TOEFL (around 560),tapi ketika mulai berbicara dengan orang asing semuanya serasa berbeda. Ada banyak kesalahangrammar yang saya lakukan ketika saya berbicara lisan. Saya lalu berkesimpulan “have big score in English test is one thing but talk in English is something else”. Tapi dengan semakin kita biasa dalam berkomunikasi lisan, kita akan semakin mahir. Kita bisa karena biasa.
  5. Menonton film dengan English subtitle (bahkan tanpa subtitle sama sekali), jika menonton DVD film berbahasa Inggris, pilih subtitleEnglish serta mencermati dialog dalam film. Dialog dalam film merupakan dialog percakapan sehari-hari yang bisa kita pelajari dan kita gunakan ketika berlatih percakapan. Cobalah sesekali menonton film tanpa subtitle sama sekali, sehingga kita bisa melatih kemampuan listening kita. Sungguh mengasikan menikmati film sambil belajar Bahasa Inggris.

Tips favorite saya suka adalah tips nomor 5. Saya termasuk penggemar film, dan saya selalu menonton DVD / film hasil downloaddengan subtitle English. It helps me a lot.

English subtitle from one of my favorite movie Ratatouille

Intinya dari tips-tips di atas adalah jika ingin mahir dalam berbahasa Inggris, kita harus mau belajar secara mandiri di luar pelajaran sekolah dan les. Seperti kutipan yang sering kita dengar

practice makes perfect

dengan berlatih dan berlatih, lama-lama kita menjadi terbiasa dan mahir. Selamat belajar.

– be blessed –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s