iseng : eksperimen sederhana hukum 1 Newton

learning math and science is not about getting high score in test. it is about a matter of deep thinking, testing prediction and theory.

Sejak pagi tadi (diselingi dengan bermain ke SMPK BPK Penabur Cimahi dan SMAN 2 Cimahi), saya mencari bahan eksperimen sains yang kira-kira dapat dikerjakan oleh anak-anak peserta ekstrakulikuler KIR (Kelompok Ilmiah Remaja).

Saya cenderung tertarik ke bidang fisika terutama dinamika gerak. Saya lalu mencari-cari eksperimen tentang bahasan tersebut. Saya pun menemukan suatu eksperimen yang dilakukan oleh Sir Isaac Newton untuk membuktikan Hukum I yang ia formulasikan (dikenal dengan hukum Inersia):

a body at rest will remain at rest and a body in uniform motion remains in uniform motion unless acted upon by external unbalanced force. – Newton’s first law of inertia

atau dalam bahasa Indonesia:

Sebuah benda yang diam akan cenderung mempertahankan kedudukan diamnya dan sebuah benda yang bergerak lurus beraturan akan terus bergerak lurus beraturan kecuali ada gaya netto yang bekerja pada benda itu.

Di salah satu web yang saya dapat, terdapat suatu eksperimen yang mudah dan menarik. Saya lalu mencoba sendiri eksperimen tersebut:

You can try at home.

Ketika berhasil melakukan itu, saya merasa senang dan rasanya pengalaman ini yang harus dirasakan oleh anak-anak yang belajar fisika. Mereka harus mengerti secara intuitif dan memperoleh kecocokan teori dan eksperimen. Dan saya rasa, pendidikan kita masih rendah dalam hal ini.

how can student understand physics if only reading books and listen the theory from their teachers ? where’s the evidence of the theory ? they should try the theory. Science is about testing theory and prediction.

– be blessed –

Leave a Reply

