hari Sumpah Pemuda: bertanggung jawab pada diri sendiri dulu, sebelum bicara mengenai perubahan negara

Hari ini adalah hari sumpah pemuda, tanggal 28 Oktober 2011. Saya menulis posting ini di SMPK BPK Penabur Cimahi yang sedang berlangsung acara pekan kreatifitas atau biasa disebut pentas seni. Hari ini adalah hari pembukaan acara tersebut, yang rencananya akan berlangsung selama 1 minggu. Hari pertama/pembukaan acara ini rasanya memang tepat dengan peringatan hari Sumpah Pemuda.

Kembali ke peringatan hari Sumpah Pemuda, pagi ini saya banyak melihat status dari teman-teman (yang berusia muda) di Facebook mengenai hari Sumpah pemuda, lalu melihat beberapa acara TV yang melibatkan para pemuda (yang kebanyakan adalah demonstrasi pada pemerintah).

Memang benar, pemuda adalah harapan bangsa, tulang punggung bangsa dan menjadi garis depan perubahan bangsa ini. Tapi tidak bijak juga apabila terlalu bicara perkara yang besar tanpa memperhatikan keadaan diri sendiri.

Keadaan diri sendiri yang saya maksud ini adalah bertanggung jawab pada diri sendiri.

Memang mudah menyalahkan pemerintah atas keadaan yang terjadi pada bangsa ini, memang mudah untuk bicara mengenai perubahan dengan pemuda sebagai motornya. Tapi rasanya kita harus mulai dari diri sendiri.

kita tidak bisa mengubah bangsa tanpa mengubah diri sendiri terlebih dahulu.

Dan sekali lagi yang saya tekankan adalah bertanggung jawab pada diri sendiri. Dan mari kita bicara mengenai siswa dan mahasiswa secara khusus.

Saya ingat ketika baru masuk Universitas, ketika itu ada banyak senior-senior yang bercuap-cuap mengenai organisasi, himpunan mahasiswa dan secara lebih luas mereka bicara mengenai tanggung jawab dan perubahan negara ke arah yang lebih baik.

Tapi, perkataan mereka seakan hilang menguap di pikiran saya, ketika di tingkat 2 dan 3, saya bersama-sama dengan mereka duduk di mata kuliah yang sama (baca : mereka mengulang mata kuliah). Dan semenjak itu, saya jadi skeptis pada banyak mahasiswa yang terlalu bicara banyak dan bicara perkara yang besar, tapi perkara diri sendirinya sendiri, yang menyangkut masa depannya sendiri saja dia tidak becus.

apalagi memikirkan bangsa dan negara, ngurus kuliah sendiri saja masih repot.

Saya lalu melihat dan mendengar mengenai manipulasi di dunia pendidikan, khususnya di lingkungan universitas.

Senior yang sangat aktif di organisasi, menyuarakan mengenai nilai-nilai bangsa dan perubahan bangsa mengulang mata kuliah tingkat 1. Dan yang lebih lucu, dia “nego” dengan mahasiswa tingkat 1, untuk menyamakan kelas agar ketika tugas kuliah, dia bisa mencontek. Lucu nya luar biasa, bukan?

Perkara lainnya misalnya: nitip absen kuliah. Perkara yang kecil memang, tapi semestinya mereka bisa bertanggung jawab pada diri sendiri dahulu.

Atau perkara yang lebih besar lagi : kuliah yang tidak selesai-selesai.

Sekarang memang sedang musimnya untuk menyalahkan pemerintah, saya bukannya memihak pemerintah, karena memang menurut saya ada yang keliru dengan penyelenggaraan negara ini. Tapi ya sadar diri lah, itu saja sich, sadarlah akan keadaan diri sendiri kalau memang diri ini masih belum bisa untuk bertanggung jawab pada diri sendiri.

Wibawa kita akan runtuh dengan sendirinya ketika kita bicara perkara besar yang menyangkut orang banyak tapi perkara kecil yang berhubungan dengan masa depan diri sendiri saja masih belum becus diurus.

Don’t get me wrong. Pemuda memang seharusnya menjadi tulang punggung bangsa, yang menyuarakan perubahan, berjuang demia bangsa sendiri, tapi ya itu tadi, bertanggung jawablah pada diri sendiri dahulu, atau dengan satu kata : INTEGRITAS.

Dan ini yang patut juga diingat bahwa

orang lain tidak akan percaya pada kita, menaruh respek pada kita, jikalau kita sendiri tidak melakukan hal yang kita katakan. Perbuatan berkata lebih keras daripada perkataan.

Selamat hari sumpah pemuda.

– be blessed –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s