project fisika : konservasi energi (pembangkit listrik tenaga mikro hidro)

Pada posting sebelumnya mengenai sistem pelajaran berbasis project, saya menguraikan pengertian mengenai sistem pelajaran ini. Selain itu, saya juga bercerita mengenai pengalaman saya pada sistem pelajaran ini serta manfaat bagi guru dan siswa.

Pada post kali ini, saya memberikan contoh konkrit produk dari project yang saya buat untuk keperluan praktikum Fisika Dasar di kampus ITB. Memang produk ini digunakan oleh para mahasiswa tingkat satu. Tapi, rasanya project ini bisa dilakukan oleh anak-anak tingkat SMU dan memang konsep fisika yang digunakan adalah konsep sederhana yang kita pelajari sejak SD, yakni konservasi energi.

Project ini bernama PLTMH, yang merupakan kependekan dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Bisa dikatakan bahwa pembangkit listrik ini merupakan skala kecil dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Saat siswa mengerjakan project ini, mereka akan belajar mengenai konversi energi yakni perubahan energi potensial (air) ke energi kinetik (air), energi gerak (kincir) kemudian ke energi listrik yang dihasilkan oleh dinamo.

Untuk lebih jelasnya, saksikan dua video berikut yang diambil oleh teman saya ketika saya sedang mengambil data :

Untuk lebih jelas melihat bagaimana bentuk komponen. komponen dari project ini, lihatlah beberapa foto berikut :

baling-baling (blade) yang menggunakan sendok makan serta runner yang menggunakan bahan plastik transparan

(rotate please) baling-baling dihubungkan dengan gear untuk menggerakan dinamo

dinamo yang digunakan dinamo bekas pemutar VCD Player

Ketika saya dan seorang teman mengerjakan project ini, kami banyak belajar mengenai konsep-konsep dasar Fisika, bahkan untuk saya sendiri yang bekerja di bidang ini, saya mengalami suatu proses belajar yang tidak berbeda. Berbeda dengan yang pernah saya pelajari di sekolah, yang dari hanya sekedar melihat, mendengar dan sekedar mengetahui mengenai konsep dasar Fisika serta bentuk dari suatu benda yang dapat menghasilkan listrik.

Ada juga beberapa teman yang tidak mengetahui bahwa dinamo seperti dinamo mobil-mobilan dapat menghasilkan listrik. Mereka berpikir bahwa hanya dinamo-dinamo tertentu saja yang bisa seperti itu, misalnya dinamo sepeda dan yang digunakan di PLTA. Saya lalu menjelaskan prinsip listrik magnet sederhana, bahwa dinamo bukan hanya diberi listrik lalu dapat bergerak, tetapi juga bisa sebaliknya. Pengalaman sederhana ini adalah contoh bagaimana mengerjakan suatu project, memberi bukti dari suatu konsep fisika dapat membuka wawasan lebih luas, ketimbang dengan hanya membaca dan mendengarkan pelajaran di sekolah.

– be blessed –

14 thoughts on “project fisika : konservasi energi (pembangkit listrik tenaga mikro hidro)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s