“istirahat” di jam 10 pagi

this is broken – Seth Godin

Ketika berada di Jepang, saya menonton video dari Seth Godin yang berjudul “This is Broken”. Presentasi yang lucu dan memberikan suatu pemahaman yang mendalam mengenai penyampaian informasi yang dilakukan manusia. Video presentasinya dapat dilihat di bawah ini:

Nah, saya jadi terinspirasi untuk mengumpulkan kesalahan-kesalahan yang bersifat “this is broken” di lingkungan sekitar saya. Rasanya lebih realistis bagi pembaca di Indonesia, bahwa sebetulnya ada banyak penyampaian informasi yang rancu, tidak efektif, membingungkan bahkan yang sangat tidak masuk akal.

So, saya membuat satu kategori baru di blog ini yang bernama “Broken”. Post pertama dari kategori ini adalah sebuah foto yang saya ambil di Gramedia Merdeka berikut:


Tempat di foto di atas adalah kasir tempat membayar buku yang hendak di beli. Saya mengambil foto tersebut pada pukul 10.00 WIB, sementara jam buka toko adalah pukul 09:00 WIB. Kalau menurut saya ini aneh, karna

masa saja toko buka jam 09:00, tapi petugas kasir sudah istirahat pada pukul 10:00

Akhirnya, para pembeli (termasuk saya), harus mengantri di kasir sebelah. Antriannya juga cukup panjang. Saya pun geleng-geleng kepala ketika membaca tulisan “istirahat” tersebut.

Kalau memang petugas kasir belum datang, rasanya ya jangan ditaruh label “istirahat”, semestinya “tutup” atau kata-kata lainnya.

Memang ini masalah sederhana yang tidak perlu dibesar-besarkan (lagian saya juga tidak complain sama petugas kasir yang ada di sebelah), tapi ya cukup lucu juga untuk ditulis di post pertama di kategori “broken” ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s