masa lalu kita tidak harus menjadi masa depan kita (pelajaran dari nilai UAN, 7 tahun silam)

One reason God created time was so that there would be a place to bury the failures of the past. – unknown

Sekitar tiga hari yang lalu, saya membongkar berkas-berkas lama saya. Berkas yang saya perlukan adalah ijasah SMU karena berkas ini diperlukan untuk mengajukan beasiswa ke kedutaan Perancis.

Ketika saya menemukan berkas tersebut. Saya tercengang ketika melihat nilai UAN (Ujian Akhir Nasional) yang saya peroleh 7 tahun silam.

Terlihat nilai Matematika yang saya peroleh adalah 5.25 dan Fisika 6.37. Saya benar-benar lupa pada nilai yang saya peroleh ketika ujian akhir silam, oleh karena itu saya begitu kaget.

Saya lalu berpikir

sungguh aneh rasanya ketika melihat diri ini yang sedang menempuh pendidikan S3 di bidang Fisika, padahal nilai ujian akhir nasional berada di bawah standar.

Terlebih kalau dipikir untuk masa kini, dimana nilai UAN minimal untuk lulus (kalau tidak salah) 5.5. Kalau saya jadi siswa kelas XII sekarang, tentu saya tidak lulus.

Lagi-lagi aneh untuk seorang calon doktor Fisika.

Saya lalu merenung bahwa masa lalu adalah masa lalu dan tidak harus menjadi masa depan kita.

Semoga pelajaran sederhana ini bisa memotivasi rekan-rekan yang mungkin saat ini berada dalam kondisi nilai akademik yang kurang memuaskan.

Tetaplah belajar, biarlah nilai masa lalu menjadi masa lalu. Masa depan ditentukan dari pengalaman masa lalu yang dievaluasi, visi hidup ke depan serta hal-hal yang kita lakukan pada masa kini.

– be blessed –

 

One thought on “masa lalu kita tidak harus menjadi masa depan kita (pelajaran dari nilai UAN, 7 tahun silam)

  1. Sama kita juga tidak mengira kesuksesan sekarang tidak dilihat dari nilai UAN dulu kita, tapi dibalik itu semua sebenarnya adalah kesuksesan guru – guru yang selalu tekun dalam memberikan materi kepada kita….. sehingga kita menjadi sukses…..

Leave a Reply

