topik riset baru : mengeluh atau bersyukur menjadi seorang pemula

“in the beginner’s mind there are many possibilities, but in the expert’s mind there are few” – Shunryu Suzuki

Kamis lalu, tanggal 8 Desember saya melakukan presentasi mengenai rencana riset desertasi untuk masa pendidikan doktor selama 4 tahun ke depan. Bidang tersebut adalah bidang yang baru untuk saya, yakni mengenai GMR (Giant Magneto Resistance).

Walaupun memang saya mengerjakan aspek pemodelan yang adalah kompetensi saya ketika S2, tetap saja hal itu adalah sesuatu yang baru untuk saya. Ketika S2, saya mengerjakan pemodelan sistem makro sedangkan sekarang saya harus berurusan dengan sistem mikro.

Puji Tuhan presentasi berlangsung lancar, walau memang saya merasa sedikit kecewa karena saya tidak mampu menjawab pertanyaan fundamental yang diajukan oleh penguji. Memang sich, itu baru presentasi awal yang sebetulnya tidaklah terlalu berat untuk seorang mahasiswa doktor tingkat awal. Tapi, pertanyaan fundamental yang tidak bisa saya jawab menjadi seperti wake up call untuk saya, bahwa saya belum belajar dengan serius.

Saat itu, rasanya saya ingin lari saja dari topik riset ini. Namun saya tidak punya banyak pilihan, karena memang topik ini adalah topik yang menjadi kompetensi promotor doktor saya. Ketika membaca teori dasarnya saja, saya harus baca berulang-ulang dan me-review konsep dasar fisika yang sudah 2 tahun tidak saya pelajari. Sudah baca berulang-ulang, itu pun masih saja tidak bisa menjawab pertanyaan dari penguji.

Tapi bagaimanapun, rasanya inilah jalan yang harus saya tempuh, suatu medan baru yang harus saya jalani dan suatu perjalanan yang pasti memerlukan usaha yang lebih dari yang sekarang.

Saya jadi ingat ketika di Jepang dulu, ketika itu pun saya harus mempelajari suatu bidang baru, tidak mudah juga memang ketika itu serta sangat menguras pikiran, tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Tapi toh, saya bisa melewatinya dengan prestasi terbaik.

Hal itu menjadi lecutan semangat bagi saya, ya… suatu motivasi yang memberikan kelegaan pada apa yang saya hadapi kini.

Kalau dulu bisa, kenapa sekarang saya mesti ragu ?

Saya memiliki dua pilihan mengenai ini, saya bisa mengeluh dengan topik ini, atau merayakan bahwa saya menjadi seorang pemula lagi. Kutipan dari Shunruyu Suzuki di atas memang benar adanya, saya adalah seorang pemula yang harus memiliki rasa ingin tahu yang besar, yang memiliki pikiran yang terbuka mengenai suatu medan yang baru.

Mengeluh jelas tidak akan membawa saya kemana-mana, dan saya tahu itu. So, saya harus senantiasa mengingatkan diri mengenai motivasi awal saya dan belajar dengan lebih giat lagi.

– be blessed –

Leave a Reply

