one step forward to become a physics Ph.D

“Faith is taking the first step even when you don’t see the whole staircase.” – Martin Luther King, Jr.

“Kamu yakin ambil 3 mata kuliah ini?” kurang lebih itu kata-kata yang tersirat dari dosen wali ketika saya mengajukan 3 mata kuliah kunci untuk kualifikasi. Kualifikasi di sini adalah kualifikasi tahap pertama Doktor, yaitu lulus dengan nilai minimal B untuk 4 mata kuliah, yaitu Mekanika Statistik, Elektrodinamika, Mekanika Analitik dan Mekanika Kuantum.

Empat mata kuliah itu adalah mata kuliah yang sulit (ya kalo mudah ga mungkin jadi syarat kualifikasi) yang mencakup hampir keseluruhan sistem fisis di alam semesta ini. Syarat kualifikasinya adalah lulus mata kuliah tersebut dengan nilai minimal B.

Untuk Mekanika Statistik, saya sudah mengambil semasa S1 dan memperoleh nilai B.

Saat menjalani proses belajar selama 1 semester dengan 3 mata kuliah sisa, rasanya saya sudah mencapai limit kelelahan dan kejenuhan. Imbasnya, dalam 1 semester, saya sudah jatuh sakit hingga 4x.

Saat ujian dan quiz, saya tidak percaya diri. Saya pun sulit memahami setiap konsep yang harus saya kuasai di tiap mata kuliah. Hal ini dikarenakan saya cukup kaget menghadapi mata kuliah Fisika yang sudah 2 tahun tidak saya sentuh (karena S2 saya bukan Fisika). Terlebih dengan kegiatan dan tanggung jawab yang cukup padat di luar kuliah. Intinya, saya menjalani dengan terseok-seok.

Tapi itulah baiknya Tuhan, kemarin saya diberitahu oleh seorang teman tentang nilai-nilai saya. Dan menurut mereka, saya sudah lolos kualifikasi. Satu mata kuliah AB dan dua yang lainnya B. Minim sich, karena B adalah standar minimal lolos kualifikasi, tapi saya cukup senang, karena mengingat performa saya yang tidak cukup baik.

Pagi ini, saya memastikan nilai-nilai tersebut ke Tata Usaha. Pagi-pagi benar saya datang ke kampus, bahkan ketika Tata Usaha belum buka, saya masuk saja ke dalam untuk melihat nilai. Dan ternyata apa yang teman saya katakan benar adanya. Saya lolos kualifikasi.

Ini adalah langkah kecil untuk mendapat gelar Dr. dan Ph.D. Masih ada banyak proses di depan sana. Tapi, biarlah saya dapat menikmati kemajuan kecil ini hari ini.

Thanks God.

– be blessed –

 

Leave a Reply

