menjaga integritas dengan menggunakan software asli

Character is doing the right thing when nobody’s looking.  There are too many people who think that the only thing that’s right is to get by, and the only thing that’s wrong is to get caught.  ~ J.C. Watts

Pagi ini ketika membuka e-mail, saya mendapat e-mail dari Wolfram Research, perusahaan yang memproduksi dan mengembangkan software Matematica. E-mail itu berisi license number software Mathematica for Students yang saya pesan sekitar 3 hari yang lalu.

Dan sekarang, saya sudah meregistrasi secara resmi penggunaan copy dari Mathematica ini. Ada kepuasan tersendiri ketika melakukan hal yang benar, yakni menggunakan software asli yang sebetulnya bisa saya peroleh versi bajakannya dengan harga yang sangat sangat jauh lebih murah.

License Mathematica

Saya memesan Mathematica ini dari re-seller resmi Wolfram Research di Indonesia, yakni PT. Nabenta Indonesia. Service dari re-seller ini sangat baik. Prosesnya tidak berbelit-belit. Saya hanya bertanya harga dan versi, lalu mereka mengirimkan invoice, saya transfer biayanya melalui bank dan 3 hari kemudian, saya mendapat e-mail dari Wolfram.

Harga dari software ini sangat WAH !!! yakni Rp. 2.365.000,-. Bandingkan dengan harga versi bajakan yang dengan mudah bisa saya dapatkan di depan kampus seharga Rp.25.000,- ?

Harga segini saja adalah harga termurah untuk versi student, dan ketika  saya nanti lulus S3, saya harus meng-upgrade ke versi akademik dengan biaya tambahan.

Sebelum software ini, saya juga menggunakan Microsoft Office for Mac yang asli. Puji Tuhan saya bisa memperolehnya dengan harga yang sangat murah karena menggunakan versi student ketika berada di Kanazawa, Jepang.

Ini adalah masalah integritas

Lalu kenapa saya harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk sebuah software asli ? Saya kira ini adalah masalah integritas saya sebagai seorang educator, sebagai seorang warga negara yang baik dan sebagai manusia yang menghargai karya intelektual orang lain.

Ini bukan masalah pamer, tapi ini adalah masalah melakukan hal yang benar.

Kalau dibandingkan harga itu dengan harga sebuah gadget HP atau Tablet, tentu saya bisa membeli gadget seperti itu dan untuk software ini saya gunakan saja yang bajakan. Tapi dana yang saya punya, rasanya lebih baik dipakai untuk melakukan hal yang benar, ketimbang membeli barang yang sebetulnya hanya untuk diri sendiri.

Software ini saya beli karena akan sangat berguna untuk saya mengajar dan membuat bahan ajar untuk pengajar lainnya. Oleh karena itu, tujuan yang mulia ini lebih baik difasilitasi dengan sesuatu yang benar juga khan?

mencapai tujuan yang benar dengan melakukan hal yang benar

Rasanya hal yang aneh juga bagi saya, kalau ada orang yang berteriak-teriak bicara mengenai integritas, terlebih hingga menuntut sana dan sini, sedangkan dirinya sendiri tidak menjaga integritas dengan menggunakan software bajakan, ya ga sich ?

– be blessed –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s