pembelajaran berbasis Wolfram Mathematica (presentation record)

because principles matter – Wolfram Mathematica

Ketika pertama kali melihat kemampuan Wolfram Mathematica 8.0, Wolfram Alpha, Wolfram Demonstration dan Wolfram CDF Player, pikiran saya langsung membayangkan betapa luar biasanya pendidikan matematika dan sains apabila kesemua platform  Wolfram ini digunakan.

Saya lalu berinisiatif untuk merekam presentasi berdurasi sekitar 45 menit di bawah ini untuk memberikan gambaran mengenai kemampuan dari produk Wolfram, terkhusus untuk pendidikan. Video presentasi terbagi menjadi 3 bagian yang saya bagi menurut prioritas penjelasan.

Rasanya saya tidak perlu menulis banyak tentang ini, video-video di bawah ini sudah lebih dari cukup menjelaskan tentang pembelajaran berbasis Wolfram Mathematica.

Video pertama : latar belakang dan Wolfram Mathematica

Video kedua : Wolfram Alpha

Video ketiga : Wolfram CDF dan saran implementasi

Untuk rekan-rekan pengajar dan siswa atau siapapun yang melihat sesuatu yang berbeda dan ingin bertukar pikiran mengenai implementasinya di dunia pendidikan, saya akan dengan senang hati berdiskusi.

– be blessed –

2 thoughts on “pembelajaran berbasis Wolfram Mathematica (presentation record)

  1. 始めまして、Stephanie です。
    Salam kenal, Chris-san !..saya telah melihat video anda tentang wolfram mathematica..saya sangat tertarik tentang penggunaan wolfram mathematica pada pembelajaran..anda menjelaskan banyaknya kelebihan dari wolfram mathematica, apakah anda dapat menjelaskan sisi lain dari wolfram mathematica seperti kekurangan dari wolfram math?..saya tertarik menggunakan pendapat anda sebagai referensi tugas akhir saya, apakah anda mempunyai journal atau tulisan utuh mengenai wolfram mathematica??..dan menurut anda apakah ketika wolfram mathematica digunakan di sekolah menegah pertama akan efektif??..mengingat ketika saya mengajukan menggunakannya banyak pendapat sekitar yang menyatakan bahwa itu akan membuat siswa menjadi “malas” mengexplore lebih karena bentuk yang tidak statik dari wolfram menyebabkan mereka dapat menemukan jawaban dari suatu permasalahan dengan mengeser suatu bar sehingga wolfram dibaratkan seperti calculator dalam format yang berbeda. Saya menunggu pendapat dari anda..maaf jika merepotkan anda..terimakasih banyak chris-san.

    • Halo, salam kenal…

      Saya bisa bantu jawab, satu per satu mungkin ya,

      1. Sisi kekurangannya, saya kira harga nya yang cukup mahal. Dulu saya beli license nya sekitar 1.8 juta
      2. Mengenai jurnal, dulu saya sempat hampir nulis di sebuah konfrensi pendidikan di ITB, namun ga sempet diselesaikan karena kesibukan lainnya. Mungkin mbak bisa cari di Scholar.Google tentang jurnal ini.
      3. Saya kira, efektif atau tidak, kembali pada guru nya. Karena prinsip saya, teknologi hanya merupakan alat bantu seperti halnya Mathematica ini. So, kalau guru nya memang bisa menggunakannya dengan baik, ya saya kira akan efektif.
      4. Mengenai kekhawatiran menjadi siswa yang “malas”, mbak bisa dengar presentasi dari Conrad Wolfram. Link video : https://www.youtube.com/watch?v=60OVlfAUPJg dan blog : http://blog.wolfram.com/2010/11/23/conrad-wolframs-ted-talk-stop-teaching-calculating-start-teaching-math/
      Dia berpendapat bahwa Mathematica dapat membantu siswa belajar Matematika dan bukan hanya “menghitung”.

      Ga merepotkan koq. Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

