berpikir berbeda ketika memilih jurusan kuliah

life is about making meaning, not making money – Guy Kawasaki

Bulan ini, semester II dari tahun ajaran 2011-2012 dimulai. Khusus bagi kelas XII semester ini adalah semester terakhir mereka di bangku SMU. Ada banyak hal yang harus mereka lakukan, ujian praktek, persiapan UN, UN nya sendiri dan SNMPTN. Hal-hal tersebut membuat mereka harus siap secara fisik dan mental. Selain hal-hal tersebut, mereka juga dibuat bingung dengan keputusan yang harus mereka buat untuk jenjang pendidikan selanjutnya, yakni kuliah.

Dua hal yang harus mereka putuskan, yakni tempat berkuliah serta jurusan yang akan mereka ambil. Hal ini berpengaruh pada model ujian yang akan mereka hadapi, entah itu berupa SNMPTN terpusat, ujian mandiri dsb.

Lantas apa yang menjadi bahan pertimbangan ketika memilih jurusan?

Dua hal terutama yang sering saya cermati sebagai bahan pertimbangan memilih jurusan adalah sebagai berikut :

  1. Minat dan bakat diri sendiri
  2. Prospek kerja dari jurusan yang ingin dituju

Wajar jika pilihan jurusan bergantung pada dua hal di atas. Dua hal di atas menjadi topik pembicaraan baik di kalangan siswa maupun guru bimbingan konseling dan guru bimbingan belajar.

Pertimbangan di atas tidaklah salah, tapi menurut saya… pertimbangan di atas terlalu kerdil dan kecil jika dipakai sebagai pertimbangan untuk memilih jurusan. Dan rasanya jika mindset ini terbawa terus hingga menjadi mahasiswa, generasi yang dihasilkan menjadi tidak memiliki kontribusi besar bagi bangsa ini.

Alasan yang egois (selfish reason)

Dua hal di atas, terlalu berbicara mengenai diri sendiri. Minat dan bakat bicara tentang kemampuan diri sendiri, apa yang kita suka, apa yang kita minati dan apa yang kita punya sebagai sebuah talenta. Terlebih tentang prospek kerja, hal ini bicara tentang masa depan yang juga hanya bicara soal diri sendiri. Ingin memperoleh pekerjaan agar bisa hidup layak menjadi dambaan lulusan dari suatu jurusan.

Artinya, kedua alasan itu terlalu egois untuk dijadikan pertimbangan memilih jurusan.

Pertanyaan penting untuk memilih jurusan (fundamental reason)

Kedua pertimbangan di atas tidak salah, namun terlalu kerdil untuk dijadikan bahan pertimbangan utama. Saya rasa, pertanyaan ini yang harus terlebih dahulu ditanyakan kepada diri sendiri :

Kontribusi seperti apa yang bisa saya berikan bagi bangsa ini? bagi orang-orang di sekeliling saya?

Perbedaan seperti apa yang bisa saya lakukan bagi bangsa ini melalui jurusan kuliah yang saya pilih

Tanyakan hal ini kepada diri sendiri… Apa kebutuhan bangsa ini? Apa kebutuhan orang-orang di sekeliling saya? Itu yang mesti ditanyakan sebelum bertanya minat dan bakat serta prospek pekerjaan dari suatu jurusan.

Alasan yang besar ketimbang alasan yang egois

Pertanyaan yang fundamental di atas memberikan suatu alasan yang besar dari diri kita sendiri. Alasan itu bahkan bisa menjadi lecutan semangat untuk menapaki kehidupan kuliah. Bahwasanya, kita berkuliah untuk satu tujuan, yakni memajukan bangsa ini dan melayani masyarakat dengan jurusan yang kita pilih.

Saya yakin alasan ini memberikan kita suatu motivasi yang lebih ketimbang hanya memikirkan pekerjaan setelah lulus. Memberikan arti yang lebih besar ketika kita lulus dari jurusan yang kita pilih. Bahwa hidup bukan hanya untuk diri sendiri, bahwa pekerjaan kita hanyalah alat untuk berkontribusi bagi bangsa ini dan melayani masyarakat di sekeliling.

Life is about making meaning not making money

Saya hendak mengubah mindset anak-anak yang hendak memilih jurusan. Bahwa jurusan yang mereka pilih adalah suatu tangga yang harus mereka lewati untuk menjadi duta bangsa ini, bukan hanya sekedar batu loncatan untuk memperoleh pekerjaan layak.

Hidup adalah untuk memberi arti, bukan hanya sekedar mencari uang.

– be blessed –

2 thoughts on “berpikir berbeda ketika memilih jurusan kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s