kebijakan publikasi karya ilmiah… productive atau counter productive?

Publikasi ilmiah internasional menjadi daya ungkit sangat besar yang akan mengangkat perguruan tinggi Indonesia menjadi berkelas dunia. – Prof. Khairrurijal

Baru saja saya pulang dari les Bahasa Perancis dan membaca kabar yang membuat saya merasa senang. Yakni mengenai kebijakan publikasi karya ilmiah dari DIKTI untuk kriteria kelulusan Sarjana, Magister dan Doktor mulai Agustus 2012. Berikut adalah surat resminya:

Kebijakan DIKTI mengenai publikasi karya ilmiah

Karena kabar ini akan sangat mengejutkan mereka yang masih kuliah (terutama program Sarjana), saya langsung meng-upload berita ini di akun Facebook.

Saya yakin, akan ada banyak pro dan kontra. Kalau saya sebagai akademisi jelas sangat pro dengan kebijakan ini. Bagaimana tidak, saya baru tahu kalau karya ilmiah Indonesia kalah telak dari Malaysia. Negeri yang sering  dihina oleh banyak rakyat Indonesia itu. Sorry to say, but Malaysia but way better than us in Education.

Kalau yang kontra rasanya akan melihat ini sebagai suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Saya yakin ada banyak calon sarjana yang bahkan tidak tahu apa itu jurnal ilmiah. Dan akan ketar ketir kalau mereka tahu bahwa tingkat kesulitan membuat suatu karya dan dipublikasi di jurnal lebih besar dibandingkan hanya sekedar membuat skripsi.

So, apakah respon dari pada calon sarjana, magister dan doktor dengan kebijakan ini ?

Apakah akan melihat ini sebagai tantangan atau malah menjadi hambatan ?

Apakah kebijakan ini akan makin menambah jumlah karya ilmiah atau malah menambah jumlah mahasiswa abadi ?

Rasanya mari kita melihat motivasi kita dalam kuliah? Apakah hanya untuk sekedar gelar hingga hanya cukup untuk kuliah, bayar uang kuliah, mengerjakan skripsi, sidang lalu lulus?

Atau bersedia untuk menulis karya ilmiah lalu publikasi dan membantu menambah reputasi Indonesia di dunia internasional ?

it’s up to you !!!

– be blessed –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s