lulus snmptn: bukan satu-satunya jalan menuju sukses

‎There are no mistakes in life, only lesson. There is no such thing as a negative experience, only opportunities to grow, lern and advance along the road of self mastery. From struggle comes strength. Even pain can be a wonderful teacher – The monk who sold his ferrari

Saya membaca kutipan di atas dari novel pengembangan diri yang berjudul the monk who sold his ferrari. Ketika membaca kutipan itu, saya teringat pada beberapa teman yang tidak lulus SNMPTN tahun ini.

Minggu lalu, hasil SNMPTN sudah diumumkan oleh pemerintah. Saya sangat berharap banyak teman yang bisa diterima di universitas negeri, terutama di ITB.

Beberapa teman diterima di jurusan yang mereka pilih. Saya bersyukur untuk hasil tersebut. Beberapa teman bahkan memberi tahu saya dengan semangat bahkan langsung bertanya tentang lingkungan kuliah dan hal-hal yang harus mereka lakukan.

Tapi ada beberapa teman lain yang tidak diterima. Mereka sangat kecewa dengan hasil yang mereka dapat, terutama bagi mereka yang yakin dengan hasil pekerjaan mereka ketika ujian. Tapi apa mau dikata, hasil tetaplah hasil dan mereka tidak bisa merubah apa yang sudah terjadi.

Well, it’s a failure. Saya merasakan bagaimana standar pendidikan di universitas negeri yang amat sangat berbeda dengan universitas swasta. Dari segi fasilitas, kompetensi dan kesempatan untuk bersekolah di luar negeri. Sayang sekali mereka belum bisa menikmati hal tersebut.

Tapi, jika melihat kutipan di atas. Tidak ada yang namanya kesalahan/kegagalan, yang ada adalah kesempatan untuk belajar dan makin bertumbuh.

Lulus SNMPTN bukanlah satu-satunya jalan menuju sukses. Bukan juga jaminan sukses. Ada banyak jalan menuju sukses. Bahkan orang sekelas almarhum Steve Jobs dan Bill Gates adalah mahasiswa drop out di jamannya. Kita bisa belajar dari banyak orang sukses seperti mereka dan cara mereka menyingkapi kegagalan.

So, tetaplah semangat teman-temanku. Hidup itu harus maju, harus tetap belajar dan bertumbuh, dimana pun Tuhan menempatkan kalian.

– be blessed –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s