berharap bisa mengulang masa sekolah dan belajar lebih serius

Seandainya saya tahu bahwa pelajaran selama SMP dan SMA akan sangat berguna sekarang, mungkin saya akan belajar dengan lebih serius, lebih memperhatikan guru menjelaskan (walau se-boring apapun), tidak mencontek PR  dan membaca buku teks yang sudah dibeli dengan mahal.

Penyesalan memang datang terlambat. Ungkapan di atas adalah suatu bentuk penyesalan ketika secara tidak sadar, saya sedang menyimak kuliah Open Courseware MIT tentang Solid State Chemistry. Kuliah yang sedang saya simak (sebelum akhirnya terhenti sejenak untuk menulis blog ini) adalah tentang sistem periodik dan struktur atom. Yup, pelajaran yang saya pelajari di SMA.

Saya rasa saya harus mengulang materi yang amat mendasar ini, karena sekarang riset saya berkaitan dengan struktur elektronik dari suatu material. Memang istilah ini tidak saya dengar semasa SMA, tapi toh dasar teorinya tetap sama. Saya memerlukan materi ini, karena ketika saya belajar tentang struktur elektronik untuk riset saya (di tingkat master dan doktor), saya sulit untuk mengerti. Akhirnya tibalah saya menyimak rekaman kuliah MIT ini.

I wish I did better on my high school age. Saya ingat betul bagaimana guru kimia semasa SMP dan SMA menjelaskan tentang struktur atom, molekul dan sistem periodik. Saya juga ingat bagaimana mereka menjelaskan tentang struktur elektronik pada sebuah materi. Dan ketika itu, saya tidak belajar dengan serius. Dan sekarang saya rasakan penyesalannya.

Seandainya saya tahu bahwa bidang di PhD saya adalah tentang hal ini, maka saya akan belajar dengan lebih serius. Terlepas dari se-bosan apapun guru menerangkan, saya akan tetap memperhatikan dan membaca buku rujukan dengan lebih serius.

So, ada beberapa pelajaran mengenai hal ini yang saya ambil dari refleksi diri:

  1. Dari sisi murid: Belajarlah dengan giat, apapun materinya. Sulit untuk mendapat motivasi belajar ketika kita tidak menyukai pelajaran yang kita pelajari. Dahulu saya kurang minat dengan kimia, namun ternyata untuk mempelajari tentang nanoscience (bidang PhD saya), saya harus mengerti multi disiplin ilmu yakni matematika, fisika dan kimia. So, belajarlah dengan giat (untuk yang masih usia sekolah) apapun pelajarannya, karena kita tidak tahu pelajaran itu akan berguna untuk masa depan kita.
  2. Dari sisi guru: Pentingnya memberi motivasi dengan memberitahu mengapa suatu pelajaran harus dipelajari. Guru harus senantiasa belajar, mengikuti perkembangan jaman dan bisa merelevansikan pelajaran yang guru ajarkan dengan aplikasi di dunia nyata. Dalam hal ini misalnya, saat menjelaskan tentang sistem periodik, adalah penting untuk memberi motivasi bahwa setiap elemen memiliki sifat yang spesifik yang aplikasinya dapat digunakan untuk mensejahterakan manusia.

Hari ini saya harus membayar kemalasan saya belajar di masa lalu. So, ini adalah pelajaran dari pengalaman saya yang nyata. Rajin-rajinlah belajar selagi bisa, karena kita tidak akan pernah tahu kapan pelajaran itu akan kita gunakan.

– be blessed –

Leave a Reply

