France I’m coming

my upcoming laboratory, MREI, Dunkerque

I couldn’t imagine myself study in Europe

Tak terasa waktu berlalu, rasanya baru kemarin saya mengikuti kelas pertama bahasa Perancis di IFI, Bandung. Sekarang, saya sudah harus mempersiapkan banyak hal untuk bersiap berangkat ke Perancis.

Rasanya baru kemarin saya melakukan pertemuan dengan Wakil Dekan bidang Akademik selaku koordinator program Double Degree Indonesia-Perancis (DDIP) untuk membicarakan program ini. Sekarang, saya sudah harus mengurus administrasi di kampus terkait proses keberangkatan saya ke Perancis.

Well, time goes so fast.

Ketika menjalani proses yang panjang untuk program ini, terkadang saya ingin menyerah saja. Ada banyak proses yang harus saya dan teman-teman yang lain lakukan demi bisa qualified pada program ini. Proses tersebut diantaranya:

  1. Kursus Bahasa Perancis selama 10 bulan untuk mencapai level B2 di IFI, Bandung. Kursus ini dibiayai oleh Kedutaan Besar Perancis. Saya hanya sanggup mencapai level B1. Well, I am not so good in language. Rasanya proses bahasa ini adalah proses tersulit bagi saya, semangat belajar bahasa hampir tidak ada dalam benak saya. But, I am grateful for all these process, and I would say “merci beaucoup” for all the teachers.
  2. Administrasi dokumen DIKTI. Saya mengambil beasiswa untuk calon dosen yakni beasiswa DIKTI. Rasanya tidak terhitung banyaknya dokumen yang harus saya urus. Mengurus formulir, transkrip, ijasah, pas foto, pendaftaran online, surat perjanjian dan dokumen-dokumen lain cukup menyita waktu.
  3. Proses kontak dengan calon Professor dan calon Universitas. Sebagai calon penerima beasiswa DDIP ini, kita harus memiliki calon Profesor dan universitas di Perancis. Untuk proses ini, saya bersyukur promotor saya di ITB memiliki kolega di Perancis. Setelah proses kontak melalui korespondensi e-mail yang cukup panjang, saya mendapat status sebagai upcoming Ph.D Student di ULCO (University Littoral Cote D’Opale).
  4. Proses tahun pertama di ITB. Program DDIP ini memiliki pola 1+2+1, yakni 1 tahun di ITB, 2 tahun di Perancis dan 1 tahun terakhir di ITB. Nah, proses tahun pertama di ITB ini cukup membuat saya kewalahan. Ada banyak hal yang harus saya lakukan, seperti penelitian, kuliah wajib dan proposal penelitian. Syarat untuk berangkat ke ITB adalah saya harus lulus tahap pertama di ITB, yakni lulus ujian proposal penelitian. Proses ini belum saya lakukan karena masih menunggu reviewer yang menilai proposal. Proses tahun pertama ini juga agak terganggu oleh kewajiban saya sebagai asisten dosen dan asisten akademik, seperti mengajar, menilai quiz dan ujian, panitia seminar dsb. Well, it is really a tough process.

Kalau melihat ke belakang, ketika melewati begitu banyak proses, saya merasa sangat bersyukur bisa melewati itu semua. Saya ingat ketika ada perasaan ingin berhenti dari semua proses dan melupakan Eropa, saya ingat juga bagaimana saya jatuh sakit karena terlalu lelah. Semua itu mengajarkan saya bagaimana untuk bisa memiliki semangat juang dan pantang menyerah. Saya tidak bisa melewati ini semua tanpa pertolongan Tuhan yang bisa membuat segalanya menjadi mungkin.

Well, saya menyimpulkan bahwa pada akhirnya yang membuat saya tetap bertahan (dengan terseo-seok) dalam proses ini adalah suasana hati yang bisa saya jaga. Ketika sempat ingin menyerah, saya selalu mengingatkan diri sendiri tentang motivasi awal saya mengikuti program ini. Bagi saya, itu adalah hal yang penting.

– be blessed

Note : posting ini saya tujukan juga bagi pembaca yang ingin mengetahui tentang program DDIP ini. Saya merasa informasi ini sangat berharga bagi mereka yang bermimpi ingin bersekolah di luar negeri terkhusus di Perancis, Eropa.

 

2 thoughts on “France I’m coming

  1. could i get your contact person, please?
    like your email. i want to ask about scholarship , tips how to get that from u. thanks before sir. sorry for disturbing u.

Leave a Reply

