ganesha 2 academy, batch 2: 2012-2013

never underestimate the power of young people.

Hari Sabtu lalu, tanggal 15 September 2012 merupakan hari yang spesial bagi saya dimana Ganesha 2 Academy memulai program kelas tutorial gratis bagi siswa siswi kelas XII di SMAN 2 Cimahi. Program kelas tutorial ini sudah memasuki batch kedua di tahun ajaran 2012-2013, program ini adalah kelanjutkan dari batch pertama yang dimulai pada bulan Januari 2012 silam.

Program ini dapat berlanjut karena pihak sekolah mengapresiasi kegiatan pada batch yang pertama. Ketika itu, peminat untuk kelas tutorial ini cukup banyak walaupun kesulitan dalam hal penjadwalan karena dimulai pada semester kedua dimana banyak siswa kelas XII yang harus melakukan ujian praktek dsb.

Kelas tutorial pertama tersebut diikuti oleh 120 siswa/siswi kelas XII dengan 8 pengajar (tutor). Materi yang diajarkan adalah review pelajaran Matematika dan Fisika kelas X dan XI. Karena keterbatasan jumlah tutor, maka kelas yang dibuka hanya sebanyak tiga kelas.

Saya termasuk pengajar yang hadir pada kelas pertama tersebut. Saya mengajar sekitar 30 siswa/siswi. Saya senang untuk kesempatan mengajar tersebut. Sementara teman-teman yang lain mengajar di dua kelas yang berbeda. Mereka adalah alumni SMAN 2 Cimahi angkatan 2012 yang baru saja memasuki semester pertama di Insitut Teknologi Bandung.

Saya bisa mengatakan bahwa kelas pertama kemarin berjalan dengan lancar dan penuh dengan antusiasme. Siswa/siswi di kelas saya belajar dengan penuh perhatian. Saya sendiri tidak hanya mengajar tentang materi, namun memberi inspirasi mereka tentang belajar Matematika dan Fisika serta memberi mereka wawasan tentang bidang keilmuan sains.

Para tutor yang lain juga terlihat antusias dan senang pada kesempatan pertama mereka mengajar di kelas. Walaupun mereka adalah alumni termuda, saya sangat kagum pada keberanian mereka untuk mengajar di kelas (walaupun masih belum berani untuk mengajar sendiri). Well, it is a good start for all of you guys.

Saya berharap kelas ini dapat berlanjut dengan kualitas yang lebih baik. Walaupun berupa kelas yang sifatnya gratis, saya ingin kualitasnya tidak kalah dengan bimbingan belajar lain yang harus mengeluarkan biaya. Para alumni yang mengajar adalah mereka yang mempunyai rasa memiliki terhadap almamater SMAN 2 Cimahi. Mereka juga berkeinginan untuk menginspirasi adik-adik kelas mereka agar dapat berkuliah di universitas negeri, terutama di Institut Teknologi Bandung.

So, untuk mereka alumni SMAN 2 Cimahi yang membaca posting ini, saya mengajak untuk berpartisipasi dalam program ini.

Be an inspiration.

– be blessed

Leave a Reply

