berganti bidang itu menantang, dan juga melelahkan

image from sxc.hu

even in Physics, you can change field

Kalau mau jujur, saya cukup kesulitan di tahun pertama pendidikan doktor. Faktor yang paling membuat hal ini bisa terjadi adalah karena saya berpindah bidang penelitian, dari bidang yang makroskopik berupa fluida dinamis ke bidang yang mikroskopik berupa nano material.

Dua-dua nya memang sama-sama Fisika, namun keduanya sangat berbeda. Sifat fisis suatu benda ketika dalam ukuran makro sangat berbeda dengan ukuran mikro. Kalau ukuran makro, kita berurusan dengan persamaan gerak Newton, sementara untuk mikro, kita berurusan dengan mekanika kuantum.

Tahun pertama semestinya menjadi tahun studi awal. Studi awal di sini adalah studi literatur tentang penelitian yang sudah pernah dibuat di bidang pilihan kita. Studi awal di sini (semestinya) sudah bukan lagi belajar tentang teori dasar, teori dasar semestinya sudah dipelajari sejak S1 dan S2.

Saya berpindah bidang karena saya merasa tertantang dengan bidang ini dan rasanya bidang ini memiliki prospek yang baik di masa mendatang, selain tentunya adanya kebutuhan di grup riset tempat dimana saya tergabung.

Nah, karena berpindah bidang, saya terlalu menghabiskan waktu untuk belajar teori dasar, dan bukan studi literatur. Terlebih saya merupakan pembelajar yang lambat, lalu saya juga kelupaan beberapa konsep semasa S1 dan S2. Dua tahun berkutat dengan sistem makro, membuat saya lupa pada mekanika kuantum dan fisika zat padat.

So, belajar keras secara mandiri adalah satu-satunya cara untuk saya agar bisa mengejar ketertinggalan.

Berganti bidang itu menantang, dan juga melelahkan. But I am sure, I can overcome it.

– be blessed

2 thoughts on “berganti bidang itu menantang, dan juga melelahkan

  1. Halo mas… salam kenal. seneng bgt bisa menemukan blog ini. Saya sekarang tengah menyelesaikan disertasi dan ini taun ke 4. Apa yg mas tulis banyak serupa dg yg saya alami. Dan saya akan mulai mencoba ‘tips tips’ yg ditulis di sini. Thank u for sharing ya… jangan bosan2 menulis… sekali lagi makasih.

    • Helo helo, salam kenal juga. Wah, sudah mao selesai S3 dong? hehehe… saya masih lama neh… Iya, semoga bisa menulis lagi di kesempatan yang akan datang…

Leave a Reply

