kebodohan tahun pertama : no proper lab notebook

image from sxc.hu

The major factor in your research success lies in your ability to keep good records of your experiments – Mastering PhD

Selama beberapa hari ini, saya bergumul mengalahkan inersia di dalam diri saya. Mencoba untuk membuat momentum dalam penelitian. Hari ini saya bekerja cukup lama, walaupun belum ada hasil yang signifikan dalam belajar, setidaknya saya bisa mengembalikan kepercayaan diri yang sempat drop belakangan ini.

Hari ini saya belajar satu hal yang sangat penting, bukan mengenai topik riset namun berupa soft skill yang seharusnya saya bisa gunakan untuk membantu dalam penelitian.

Soft skill itu adalah kemampuan dalam pencatatan penelitian yang terstruktur dan rapih dalam sebuah notebook.

Saya cukup frustasi hari ini, sekali lagi bukan karena topik penelitian namun karena saya berusaha mengingat banyak hal yang pernah saya lakukan di penelitian.

Saya frustasi mengingat kode komputer untuk melakukan simulasi.

Saya lupa menyimpan jurnal yang pernah saya simpan di laptop.

Saya lupa konfigurasi simulasi yang pernah saya lakukan.

Well, itu bermula dari saya tidak memiliki sistem pencatatan yang baik. Mungkin, saya terlalu kecanduan menggunakan teknologi, sehingga semua saya catat secara digital. Itu tidak salah, namun percuma jika catatan digital itu sendiri saya lupa menyimpannya di mana.

Saya juga terlalu yakin pada otak saya dalam mengingat, padahal semestinya otak ini digunakan untuk berpikir bukan untuk mengingat.

Malam ini, saya membaca buku berjudul Mastering PhD. Di bab 2 pada buku itu, disebutkan bahwa faktor yang cukup signifikan dalam menunjang sukses penelitian kita adalah memiliki catatan eksperimen.

Catatan tersebut haruslah berada dalam satu catatan (notebook) yang sama dan ditulis tangan. Saya jadi tersadar bahwa saya tidak memiliki buku semacam ini. Padahal, dulu ketika master, saya memiliki buku semacam ini dan memang buku tersebut sangat berguna untuk menunjang penelitian.

Keuntungan dalam memiliki catatan penelitian adalah kita dapat dengan mudah mencari informasi penting yang pernah kita dapatkan di satu tempat. Selain itu, kita dapat menyimpan dengan baik konfigurasi eksperimen kita, sehingga kita bisa melakukan eksperimen yang lebih baik lagi.

Well, I guess I have to buy that kind of book.

– be blessed

Leave a Reply

