tips: bekerja dan belajar dengan extended monitor

my Mac (13.3″) with an extended monitor (19″)

can I have an extended monitor, please ?

 

Menggunakan double monitor saat bekerja dan belajar dapat meninggatkan kecepatan dan produktivitas. Terkadang kita memerlukan layar yang lebih besar untuk bekerja dengan efektif, namun sayangnya laptop yang sering kita gunakan memiliki layar yang terbatas. So, membeli sebuah LED monitor merupakan sebuah alternatif.

Saya menyukai belajar dan bekerja dengan menggunakan double monitor berupa laptop dan sebuah LED monitor. Pertama kali menggunakan kedua alat ini adalah ketika di Jepang dulu. Karena tuntutan penelitian semakin tinggi, maka saya memerlukan layar yang lebih besar. Ketika itu saya menggunakan monitor yang “nganggur” untuk kemudian saya extend dengan laptop saya.

Berikut beberapa pekerjaan yang saya rasa dapat dibuat lebih efektif dengan cara ini:

  1. Membandingkan dua buah file. Ketika melakukan studi literatur, saya harus membaca banyak jurnal. Jurnal yang satu berhubungan dengan jurnal lainnya. Sehingga saya memerlukan kedua layar monitor ini untuk membandingkan kedua jurnal tersebut.
  2. Membuat program komputer.  Ketika membuat program, saya juga harus mengacu pada sebuah referensi untuk kemudian saya terjemahkan menjadi program. Kedua monitor ini sangat membantu pekerjaan tersebut.
  3. Mengetik laporan. Ketika mengetik laporan, kita juga harus mengacu pada daftar pustaka untuk mengutip bahan di laporan. Nah, dengan menggunakan dua monitor, pembuatan laporan menjadi lebih cepat.

Sangat repot bagi saya apabila menggunakan hanya satu monitor untuk melakukan ketiga hal di atas. Repot karena saya harus menekan short cut (ALT + TAB pada windows dan CMD + TAB pada Macintosh) untuk berpindah window.

Membeli sebuah monitor tambahan memang akan menghabiskan cukup banyak uang. Namun, bagi saya, hal tersebut adalah merupakan sebuah investasi bagi produktivitas pribadi.

– be blessed

One thought on “tips: bekerja dan belajar dengan extended monitor

Leave a Reply

