100th post: no gift is too small

an old lady gave this small candy and made me smile this morning.

tidak ada pemberian yang terlalu kecil.

Ini adalah posting ke-100 dari blog ini. Saya ingin memuat posting ke-100 ini sangat berkesan bagi saya dan anda yang membacanya. Sudah tiga hari saya memikirkan topik yang pas untuk posting spesial ini. Namun hingga kemarin, saya masih belum menemukan topik yang pas. Tapi pagi ini, saya memiliki sebuah cerita yang baru saja saya alami, yang saya kira pas dengan posting spesial ini.

Pagi ini saya memulai hari dengan hal biasa: bangun pagi dan bersiap untuk pergi ke kampus Kanazawa University. Biasanya saya naik bis paling pagi dari Hotel, namun karena saya tidak memiliki uang receh untuk membayar bis, saya lalu membeli secangkir kopi di Starbucks dekat hotel. Saya pun melewatkan bis pertama tersebut.

Namun, mungkin sudah rencana Tuhan saya harus menaiki bis yang kedua. Di tengah perjalanan, saya melihat seorang wanita tua menyetop bis. Mungkin wanita ini berumur sekitar 70-80 tahun, karena badannya sudah bungkuk. Dia lalu naik bus dengan gerakannya yang lambat, dia lalu mengucapkan “arigato gozaimasu” (terima kasih dalam bahasa Jepang) kepada supir yang sudah dengan sabar menunggu dia menaiki bis.

Semula dia duduk di belakangku, tapi tidak berapa lama kemudian dia meminta ijin kepada ku untuk duduk disampingku. Padahal, tempat duduk ku agak sulit dijangkaunya karena agak berada di atas tempat duduk lainnya. Dia mengucapkan “sumimasen” (permisi dalam bahasa Jepang). Saya pun hanya mengangguk.

Jujur, saya memiliki keenganan untuk berbicara dengan orang asing, terlebih dalam bahasa Jepang. Saya membuang pandangan saya ke arah jalan untuk menghindari percakapan dengan wanita ini. Karena biasanya, para orang tua sering mengajak orang asing untuk berbicara. Lagipula, selama perjalanan, pikiran saya melayang kemana-mana. Saya memikirkan banyak hal, mulai dari apa yang harus saya lakukan hari ini dan rencana kepulangan saya ke Indonesia besok.

Lalu, sesuatu terjadi ketika wanita tua ini hendak turun.

Saya memperhatikan dia mencoba mengeluarkan sesuatu dari tas kecilnya. Padahal saya perhatikan, dia sudah memegang kartu bis untuk membayar tarif perjalanan. Dengan gerakannya yang lambat, dia mengeluarkan sebuah permen dari tasnya dan dia memberikan kepadaku. Dia berkata sesuatu yang tidak saya mengerti, tapi di akhir kalimatnya, dia berkata

Ganbatte Kudasai,

yang berarti “semangat ya…” dalam bahasa Indonesia. Dia lalu turun di sebuah pemberhentian bus, bahkan sebelum dia membayar tarif bis, dia mempersilahkan orang yang sedang berdiri di dalam bus untuk mengambil kursi yang ditinggalkannya. Amazing

You know, that small candy change my morning. 

Wajah saya begitu “lurus” (straight face) sebelum mendapat pemberian ini, pikiran saya terlalu memikirkan hal di depan sana yang belum terjadi, hingga permen kecil itu membuat saya tersenyum. Bahkan saya sedikit terharu dengan pemberian itu. Saya gak kenal dengan wanita itu, bahkan saya merasa bersalah dengan membuang wajah saya ke arah jalan supaya saya tidak terlibat pembicaraan dengannya.

Saya jadi ingat sebuah kutipan dari sebuah lagu:

no gift is too small

Tidak ada pemberian yang terlalu kecil, asalkan kita memiliki kerelaan dan hati yang bersyukur ketika kita memberikan hal kecil tersebut kepada orang lain.

Terkadang kita berpikir terlalu jauh, tentang apa yang bisa kita berikan untuk orang lain, bahkan terkadang kita egois dengan tidak memiliki kerelaan untuk memberi.

saya saja kurang, apalagi harus memberi untuk orang lain

Itu yang sering menjadi pemikiran kita ketika kita berpikir untuk memberi. Tapi ketahuilah, bahwa tidak ada pemberian yang terlalu kecil.

Well, kisah pagi ini sangat berkesan bagi saya. Melebihi kejadian lain yang saya alami selama 9 hari di Jepang.

God bless you, old lady. I don’t know you, your name, your address, or anything about you, but I know that your small gift, change my day. Thank you.

– be blessed

One thought on “100th post: no gift is too small

  1. Pingback: highlights 2012 : 7 best moments « My Ph.D Life

Leave a Reply

