highlights 2012 : 7 best moments

1380083_highlighter

reflection of life is when you think and feel those highlight moments in your life

Tahun 2012 sebentar lagi akan berlalu, ternyata memang waktu berjalan dengan begitu cepat. Ga kerasa udah tahun baruan lagi. Dan tahun ini merayakan tahun baru sendirian di negeri orang.

Biasanya tahun baru identik dengan refleksi dan revolusi. Refleksi berisi perenungan tentang kejadian-kejadian penting selama satu tahun sedangkan revolusi berupa target di tahun yang akan datang.

Saya lebih senang menyebutnya dengan highlights. Kalau yang suka nonton berita sepakbola, tentu ngerti apa arti dari highlights. Bagi saya, highlights berisi momen-momen dalam hidup selama tahun 2012 dan momen tersebut bukan hanya berupa kejadian-kejadian yang biasa, tapi momen kunci yang menjadikan kehidupan kita sekarang sebagaimana adanya.

Well, posting terakhir di tahun 2012 ini, saya ingin sekedar mengingat kembali momen-momen penting tersebut. Momen-momen tersebut bukan hanya momen bahagia tapi juga momen yang tidak terlalu menyenangkan.

  1. Beasiswa ke Perancis
    Saya rasa ini adalah momen yang paling mendapat perhatian khusus. Mendapat beasiswa tersebut merupakan berkat bagi saya. Bahkan di saat saya sendiri merasa kurang pantas mendapat beasiswa tersebut. Tuhan begitu baik ketika memberi berkat ini. Melalui proses beasiswa tersebut benar-benar membuat saya kesal dan kadang cape hati, karena proses yang begitu banyak dan melibatkan banyak pihak. But, sesuatu yang didapat dengan sulit memang merupakan sesuatu yang berharga di dalam hidup kita. 
  2. Dua kali ke Jepang sebagai Research Fellow
    Kembali ke Jepang, ke Kanazawa University dua kali dalam waktu yang berdekatan merupakan momen tersendiri bagi saya. Kembali ke kampus dan kota itu memberi refleksi bagi saya akan pengalaman selama menempuh pendidikan master 2 tahun yang lalu.
  3. Permen dari seorang nenek
    Momen ini begitu singkat terjadi, mungkin terjadi dalam hitungan detik. Momen ini saya tulis di posting ke-100 blog ini. Momen itu mengajarkan saya bahwa tidak ada pemberian yang terlalu kecil apabila kita memberikan dengan tulus.
  4. Pengalaman terlibat dalam proyek penelitian
    Tahun 2012 saya menjalani tahun pertama PhD saya dengan terlibat dalam beberapa proyek. Proyek yang masih dalam skala kecil, namun pengalaman itu cukup memberi tambahan pengetahuan pada saya. Pembimbing saya memberikan bimbingan yang membuat saya jadi mengerti tentang banyak hal mengenai riset.
  5. Gagal CPNS dosen
    Rasanya momen ini adalah momen yang paling tidak mengenakan selama tahun 2012. Bahkan bisa dikatakan mental saya agak drop waktu itu. Saya begitu mengharapkan dapat diterima menjadi dosen, namun mungkin saya memang belum layak. Tapi itulah yang saya renungkan, saya memang belum siap secara kemampuan untuk menjadi seorang dosen. Bahkan sebetulnya di dalam diri saya sendiri, saya masih perlu banyak belajar dan mendapat pengalaman lebih sebelum bisa menjadi seorang dosen.
  6. Persahabatan
    Tahun ini menjadi tahun spesial bagi saya pribadi dalam hubungan saya dengan teman-teman di Gereja. Kami menjadi lebih terbuka satu sama lain dan mencoba menghidupi kehidupan kami masing-masing dengan mendukung satu sama lain. Ada banyak kejadian yang membuat persahabatan kami erat dan saya berharap hubungan ini akan memberi dampak yang lebih baik lagi bagi kami pribadi dan bagi orang lain di tahun 2013.
  7. Kehilangan momentum belajar
    Saya sempat kehilangan momentum belajar dan tanpa memperoleh pencapaian yang berarti dalam belajar dan riset. Hal ini membuat saya kesal terhadap diri sendiri. Hal yang menyebabkan ini adalah ketika saya masih belum mendapat kejelasan kapan akan berangkat ke Perancis, ibarat mesin yang terlalu dingin, saya menjadi kurang semangat belajar. Beberapa hari ini saya mulai memperbaiki hal ini karena saya sadar bahwa saya akan menghadapi suatu tantangan penelitian yang besar. Perbaikan diri ini dimulai ketika saya mencoba memaafkan diri sendiri dan berdamai dengan masa lalu tersebut. I hope I will have a good brain and physical fitness for research in 2013.

Rasanya momen-momen tersebut cukup mewakili banyak momen lainnya yang saya alami di 2012. Saya tidak menceritakan semua di sini karena ada yang bersifat pribadi. Highlights di atas adalah sesuatu yang telah menjadikan saya sebagaimana adanya sekarang dan saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun 2013.

– be blessed

Leave a Reply

