it is been a while (quick update)

long time no see my dear blog…

Sudah lama saya ga nulis lagi di blog, dan cukup terkaget dengan posting terakhir saya ada di bulan Januari 2013. Hehehe… Ada banyak sebab yang bikin saya ga nulis. Salah satunya adalah males. Padahal saya ada banyak topik bwat ditulis di sini. Alasan lainnya adalah “merasa selalu ga ada waktu”. Padahal, waktu kan kalau disediain ya akan selalu ada. Ya ga sih ?

Ada dua alasan saya ingin nulis lagi. Alasan pertama dan terutama adalah banyaknya komentar dari pembaca, yang paling banyak adalah posting tentang mengapa saya terus sekolah hingga S3. Ternyata tulisan itu memberi motivasi kepada beberapa pembaca untuk melanjutkan sekolah. Ada juga beberapa yang meminta saran berkaitan dengan rencana mereka untuk melanjutkan sekolah. Saya tidak mengira bahwa ternyata tulisan saya juga banyak yang baca dan cukup mendapat apresiasi… Hehehe…

Alasan kedua adalah saya banyak memiliki ide menulis, hanya ya itu… ada saja alasan yang saya buat sendiri, seperti yang saya utarakan di atas. So, saya berharap, saya bisa lebih konsisten dalam menulis blog ini.

Well, sebagai posting “permulaan”, saya ingin flashback pada beberapa peristiwa yang terjadi sejak saya tinggal di Perancis ini (Desember 2012) hingga bulan ini (September 2013).

Berganti bidang penelitian

Sesuatu yang baru, kalau kita memang mau belajar, ya pada akhirnya akan bisa toh ? Bisa karena biasa

Memasuki S3 ini, saya mengalami banyak tantangan. Tantangan yang terbesar adalah saya harus berganti bidang dari komputasi fluid ke material science. Dan yang lebih fundamental lagi adalah pergantian dari metode komputasi ke eksperimen. Pada awalnya cukup sulit, karena di sini saya banyak melakukan eksperimen kimia. Padahal, terakhir saya memegang alat-alat laboratorium kimia adalah ketika tahun pertama di ITB.

Saya bersyukur ada seorang teman S3 yang ngajarin saya dari awal: mulai dari cara hitung molaritas, nimbang bahan kimia dsb. Well, now I get used to it.

Hasil eksperimen berupa film tipis

Hasil eksperimen berupa film tipis

Bergabung dengan lingkungan baru

Pertemanan dengan orang asing sedikit mengobati rasa kangen dengan teman-teman di tanah air

Kurang lebih delapan bulan saya tergabung dengan lingkungan baru di sini. Bertemu dengan teman-teman baru, berkenalan, diskusi riset hingga menghabiskan waktu luang bersama. Saya memiliki dua orang teman S3 yang cukup dekat. Satu dari Perancis dan yang lainnya dari Libanon. Rasanya saya cukup nyaman dengan mereka dan kalau melihat hingga saat ini, rasanya pertemanan ini cukup memberi semangat pada kami masing-masing secara pribadi.

Makan malam bersama teman-teman lab

Makan malam bersama teman-teman lab

Berkunjung ke negara tetangga

Berkunjung ke tempat yang dulu hanya bisa dilihat di TV

Bulan Maret 2013, saya berkesempatan main ke Belanda. Kebetulan Belanda tidak terlalu jauh, hanya sekitar 6 jam menggunakan bis dari kota tempat saya tinggal. Saya mengunjungi taman tulip di Keukenhof dan Amsterdam. Ya, bersyukur banget bisa berkunjung ke tempat yang dulu hanya bisa saya lihat di TV.

at Keukenhof, Netherlands

at Keukenhof, Netherlands

Monalisa

I am not an art guy… but Monalisa is different.

Bulan Mei 2013, saya berkunjung ke Louvre di Paris. Di sana terdapat lukisan legendaris, Monalisa. Wow, ini pun sebuah pengalaman yang menarik buat saya. Sayangnya karena banyak pengunjung, saya hanya bisa berfoto dari jauh. Tak apa lah, yang penting sudah melihat Monalisa.

The Monalisa, ambil foto ini pun perjuangan

The Monalisa, ambil foto ini pun perjuangan

Nonton live Paris St Germain

Watching Ibrahimovic, Pastore, Lavetzi, Thiago Silva…

Ini merupakan pengalaman pertama saya nonton tim Eropa langsung di stadion. Ketika itu, saya dan seorang teman menonton pertandingan Paris St. Germain (PSG) melawan Nice yang berakhir dengan skor 3-0. Pengalaman yang seru menyaksikan secara langsung Ibrahimovic, Pastore, Lavetzi dan Thiago Silva.

Footage dari tribun penonton (paling murah, belakang gawang). Pemain PSG dan Nice memasuki lapangan.

Footage dari tribun penonton (paling murah, belakang gawang). Pemain PSG dan Nice memasuki lapangan.

Conference di Grenoble

My first conference… in France…

Bulan Juni 2013, saya berkesempatan mengikuti konfrensi JNRDM 2013 (Journées Nationales du Réseau Doctoral en Micro-nanoélectronique) di kota Grenoble. Konfrensi ini diperuntunkan bagi mahasiswa doktor di Perancis dan bisa diikuti oleh mahasiswa luar negeri. Walaupun saya hanya kebagian presentasi Poster, tapi ya lumayan lah sebagai pengalaman pertama mengikuti konfrensi di Perancis. By the way, kota Grenoble merupakan kota yang menarik. Kota ini cukup bersih dan tertib. Transportasi utama di kota tersebut adalah menggunakan trem. Saya menikmati tiga hari stay di kota tersebut.

Benteng Bastile di Grenoble

Benteng Bastile di Grenoble

Pulang ke Indonesia saat libur musim panas 

How can you forgot your home country ?

Libur musim panas selama enam minggu, saya gunakan untuk pulang ke Indonesia. Saya pulang karena praktis saya gakkan bisa ngapa-ngapain di Perancis. Laboratorium ditutup selama libur dan cuaca juga sangat panas, so saya memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Di Indonesia, terutama di Bandung saya bertemu kembali dengan komunitas, di kampus dan di Gereja. Rasa kangen dengan tanah air akhirnya terpuaskan dan membuat semangat bertambah ketika harus kembali lagi ke Perancis.

My Church Community

My Church Community

Proyek Raspberry Pi

Back to the world of micro controller and embedded system…

Ada banyak hal yang saya lakukan di Indonesia, salah satunya adalah membuat proyek control lighting via Wi-Fi menggunakan mikro kontroler/mini komputer Raspberry Pi. Proyek ini muncul ketika saya dititipi Raspberry Pi untuk dibawa ke ITB. Ketika saya melihat bagaimana kemampuan benda ini, saya pun jadi ingin membuat sesuatu. Akhirnya, saya berencana untuk membuat kontroler lampu via Wi-Fi untuk saya donasikan ke Gereja. Alat ini diharapkan bisa berguna ketika menyelenggarakan acara-acara Gerejawi. Puji Tuhan, saya dan teman-teman bisa menyelesaikan proyek ini di minggu terakhir liburan.

Uji coba pertama

Uji coba pertama lighting control using Raspberry Pi

Well, itulah quick update dari pengalaman saya sejak terakhir menulis di blog ini. Mungkin saya akan bahas lebih banyak lagi tentang pengalaman-pengalaman saya di posting yang lain. Semoga saya bisa kembali konsisten menulis.

– Be blessed

 

 

One thought on “it is been a while (quick update)

  1. Syalom kang.
    Maaf sebelumnya, saya bulan depan Tugas akhir dan topik yang saya mengenai raspberry pi.
    Pilihan saya antara membuat Network Attached Storage atau kontroler lampu.
    Boleh saya minta sample program kontroler lampu via Wi-Finya sebagai referensi ?
    Kalau boleh email saya ya kang.
    Tks ..

Leave a Reply

