challenging myself: hari keempat (gambar original untuk makalah)

many figures out there… but when make your own stuff, you better make your own

Tidak seperti tiga hari yang lalu, hari ini saya tidak terlalu banyak mencicil menulis. Hari ini saya membuat gambar (dan keteranganya) untuk bagian dari makalah. Gambar yang saya buat adalah pengenalan dari Raspberry Pi (2 gambar) serta tampilan dari Notebook Mathematica.

r-pi1 r-pi2 math1

Saya terbiasa untuk membuat gambar/ilustrasi sendiri untuk makalah yang saya buat. Ada banyak gambar/ilustrasi di luar sana yang sebetulnya bisa kita copy dan paste untuk dimasukan ke makalah/laporan/tugas akhir/tesis kita. Memang, kita bisa dengan mudah mencantumkan sumber gambar tersebut. Namun, seringkali gambar yang kita peroleh tidak dalam resolusi yang baik. Selain itu gambar/ilustrasi tersebut kurang tepat untuk konteks makalah/laporan kita. So, rasanya jauh lebih baik untuk membuat gambar/ilustrasi sendiri.

Memang, waktu yang diperlukan jauh lebih banyak. Misalnya untuk gambar Raspberry Pi di atas. Saya harus menggunakan kamera HP, mengirimnya ke laptop lalu memberikan keterangan pada gambar tersebut. Tapi ya itu tadi, rasanya jauh lebih puas kalau kita sendiri yang membuat gambar/ilustrasi tersebut.

– be blessed

One thought on “challenging myself: hari keempat (gambar original untuk makalah)

  1. Pingback: challenging myself: jurnal hari keempat – ketujuh | My Ph.D Life

Leave a Reply

